Selasa, 20 November 2012

New Media Dikehidupan Sehari-hari

New Media DiKehidupan Sehari-hari


Dunia Maya Di Kehidupan Sehari-hari

Dari jam ke Telegraf radio dan televisi, media baru selalu berkembang dalam kehidupan sehari-hari, menghasilkan ritme baru dan ruang. Migrasi teknologi komputer dari industri dan penelitian laboratorium untuk rumah selama tiga puluh tahun terakhir ini telah meningkatkan proses perkembangannya. Berkembangnya budaya populer dari media baru dimulai dengan videogame, media yang dibawa dengan sebuah hayalan teknologikal masa depan yang sehari-hari menghilang ke dalam 'keterpisahan cyberian' virtual dunia. Seperti, dari waktu ke waktu, beberapa media digital baru telah menjadi biasa saja, kita dapat melihat tidak Narnia yang atau Matrix-seperti pembagian dunia virtual dan aktual, melainkan jalinan rumit yang dimediasi, hidup,  ruang dan waktu. Misalnya, perangkat mobile seperti ponsel, GPS / satnav, MP3 player, dan game konsol genggam, menggambarkan tubuh dan komunikasi di seluruh alam sehari-hari dan teknologi dan temporalitas.

Budaya dan Studi Media menawarkan alat vital, konsep dan metode untuk studi dari kehidupan sehari-hari untuk dimediasi, dan bagian ini akan mensurvei penelitian penting di bidang ini. Ini akan mengidentifikasi alat yang berguna, konsep dan metode untuk studi budaya sehari-hari dan teknologi
teknologi media. Ini akan menjadi
survey penting namun, karena akan menjadi jelas bahwa beberapa dari prinsip yang mendasari dan asumsi studi budaya dan media ( humaniora dan ilmu sosial secara lebih umum) membatasi kemungkinan studi technoculture. Dalam tiga dasar khusus, dan saling terkait, asumsi akan diinterogasi.

Diantaranya adalah :

  • Bahwa budaya, kehidupan sehari-hari, individu dan rumah tangga secara material dan konsep yang berbeda dari teknologi yang lalu 'mengadopsi' teknologi misalnya atau menderita 'dampak' teknologi baru, dan oleh karena itu perbedaan antara subjek dan objek yang absolut.
  • Bahwa teknologi secara sosial berbentuk tetapi masyarakat yang tidak berbentuk teknologi.
  • Bahwa kegiatan manusia dalam bentuk kekuatan- kekuatan sosial, sejarah atau ekonomi, atau subjektivitas dan identitas adalah kekuatan motif tunggal atau lembaga dalam kehidupan sehari-hari dan budaya.

Bagian ini akan memperkenalkan, mensintesis dan menyebarkan beberapa cara alternatif kunci memikirkan technoculture setiap hari diambil dari bidang yang muncul dari studi media baru, dari penelitian videogame dan dari studi cybercultural.

Kehidupan Sehari-hari

Konsep kehidupan sehari-hari merupakan pusat untuk bekerja dalam Studi Budaya dan Studi Media. Ini mencakup keluarga hubungan, rutinitas, praktek-praktek budaya dan ruang di mana orang membuat memahami dunia. Di satu sisi itu, kehidupan sehari-hari adalah situs di mana populer berarti-temuan dan penggunaan media baru yang dinegosiasikan dan dimainkan. Di sisi lain, hampir semua
diskusi media baru untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil membuat klaim bahwa mereka mengubah
, atau segera akan mengubah (atau melampaui) kehidupan sehari-hari, batas spatio-temporal, pembatasan dan struktur kekuasaan. Sifat transformasi ini kontroversial, karena beberapa pengamat
Media baru menawarkan kreativitas baru dan kemungkinan, untuk orang lain mereka memperkuat dan memperpanjang ada-ing kendala sosial dan hubungan kekuasaan.
Kehidupan sehari-hari adalah sebuah konsep sentral dalam pendekatan Cultural Studies 'dengan teknologi.

Sekarang dipelajari dan berteori sebagai:

Pasar yang perusahaan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak konsumen

Tempat praktik dan hubungan di mana rasa terbuat dari media baru

Titik fokus dari suatu set yang saling konvergensi konsumen, media, pendidikan dan hiburan teknologi dan pasar

Kondisi sosial yang, untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, diubah oleh penggunaan dan konsumsi media baru

Istilah hadir atau underplayed dalam visi utopis pengetahuan baru dan pergeseran iDEN-tities di dunia maya - seperti keterasingan dan rutin untuk konektivitas dan kreativitas muncul dalam komunikasi media internet

Tempat konsumsi budaya populer dimediasi, tidak sedikit gambar dan drama
dari komik, televisi dan video yang merupakan khayalan teknologi komersial.

Cyberspace

Konsentrasi Cultural Studies 'pada kehidupan sehari-hari akan tampak pada pandangan pertama menjadi tidak membantu dalam studi tentang media baru dan cyberculture. Yang pertama menyiratkan, duniawi dan yg terjadi setiap hari yang rutin dan biasa - semua fitur dari kehidupan sehari-hari dari yang terakhir, baik dalam bentuk mereka fic-nasional dan aktual, berjanji untuk mengubah. Kedua perayaan dan kritik dari dunia maya cenderung menempatkan keterpisahan nya, keserbalainan yang mendalam untuk kehidupan sehari-hari, perwujudan, subjec-tivity. Untuk Michael Heim, 'dunia maya adalah Platonisme sebagai konsep bekerja', dan 'cybernaut yang duduk sebelum kita, diikat ke sensorik-masukan perangkat, tampaknya, dan memang, kalah dunia ini. Tersuspensi dalam ruang komputer, cybernaut meninggalkan penjara tubuh dan muncul dalam dunia sensasi digital '(Heim 1993).

Kegembiraan intens dihasilkan oleh media baru membentuk seperti World Wide Web dan Virtual Reality di akhir 1980-an dan awal 1990-an telah berkurang sebagai media tersebut telah menjadi bagian dari dunia media umum yang berpengalaman. Namun, konsep 'dunia maya' sebagai terpisah, emansipatoris (atau lebih sering, mengancam) wilayah dalam, namun berbeda dari, media sehari-hari kultur berlanjut. Wartawan rutin menegaskan keterpisahan media internet seperti chatroom dan situs jejaring sosial di artikel tentang implikasi menyenangkan bagi anak dan remaja orang. Berikut dunia maya bisa berupa, mengasingkan anti-sosial gangguan dari lebih otentik sosial dan komunikatif kegiatan, atau sebuah dunia yang berbahaya yang diintai oleh predator.

Produsen, dan penyedia layanan untuk, baru (atau baru upgrade) komunikasi digitalmedia juga memanggil transformasi rutinitas sehari-hari dan ruang domestik melalui lision col-ruang aktual dan virtual, meskipun dengan nada antusias dan perayaan. Model lain yang terus-menerus dari kehidupan sehari-hari lebih penuh dimediasi adalah bahwa com-puting di mana-mana. Futurologists dari Nicholas Negroponte ke US National Academy of Engineering Ray Kurzweil telah diprediksi media yang lebih personal, transformasi produk sehari-hari dan furnitur menjadi 'pintar' benda melalui minituarisation chip komputer dan sirkuit, dan baru-baru, kemungkinan nanoteknologi untuk kedua kehidupan sehari-hari dan tubuh manusia dan pikiran hubungan dengan itu.


New Media

Pengertian New Media

Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi (narasumber) kepada penerima informasi, jadi media bisa disebut sebagai perantaranya.  Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. New media merupakan suatu perkembangan atau revolusi dari sebuah media-media yang telah berkembang dari jaman dahulu. Sebagai contoh adalah zaman dahulu untuk mengabadikan sesuatu perlu untuk mengukir di batu atau dengan melukisnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang maka untuk mengabadikan sesuatu cukup dengan mengambil gambar atau memfoto.


New Media menurut Wikipedia adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputerisasi, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “new media” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, dapat dimampatkan (compress), interaktif dan tidak memihak. Sesuatu yang dinamakan “media” itu biasanya merupakan suatu alat atau cara sebagai perantara pengguna (manusia) untuk mendapatkan informasi dari sumber informasi. Berdasarkan definisi tersebut, media tentu membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Media tersebut juga mengubah gaya hidup kita menjadi lebih modern dan praktis. Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Makin hari, media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New Media yang akan dibahas saat ini adalah sebuah alat ataupun cara yang “new” atau hal baru yang bersifat inovatif, mempermudah pekerjaan, dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.

New Media Dikehidupan Sehari-hari

Kemajuan teknologi diabad ini sangat pesat sekali, semua orang berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi yang baru, yang lebih inovatif dan efesien dalam memudahkan kehidupan. Kemajuan teknologi menyebabkan informasi tidak lagi menjadi barang langka untuk didapat. Nah disinilah peran new media, perkembangan dan pembaruannya menciptakan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi. Contohnya saja internet, melalui mesin pencari seperti Yahoo,Lycos,Ask Jeeves,Alta Vista dan Google, jutaan orang dari seluruh dunia dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi secara online.

Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Karena sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital.

Kemunculan new media sangat membawa keuntungan untuk semua pengguna teknologi di dunia. Mulai dari anak sekolah dasar sampai pegawai-pegawai di perusahaan tertentu yang memanfaatkan new media. Kemunculan new media ini disebabkan karena adanya keinginan dari orang-orang  yang membutuhkan berbagai fasilitas yang dapat mempermudah pekerjaan mereka. Fasilitas tersebut dibuat sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu. Perkembangan zaman telah ikut mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir setiap manusia, maka dari itu kita sebagai manusia harus lebih pintar untuk menggunakan media-media yang ada, jangan sampai kemajuan itu malah menjerumuskan kearah yang tidak baik.


Manfaat New Media

  • Bidang Sosial
dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
  • Bidang Industri/Dagang
dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
  • Bidang Pendidikan
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
  • Bidang Lowongan Kerja
dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.

Sebelumnya, saya akan memberikan contoh-contoh new media yang telah berkembang di zaman ini, diantaranya :

  • Internet
  • Televisi Digital/Plasma TV
  • Digital Cinema/3D Cinema
  • Super Komputer/Laptop
  • DVD/CD/Blue Ray
  • MP3 Player
  • Ponsel/PDA Phone
  • Video Game
  • RSS Feed
  • Streaming Video, dan lain-lain.

Aplikasi New Media

Berikut adalah contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
  • Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita. 
  • CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah. New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. 
  • Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual. 
  • Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik. Media social ini mempermudah komunikasi dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa ada batasan apapun. 
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb. Media ini sangat berguna bagi para pelajar untuk bisa mendapatkan sumber bahan pelajaran yang banyak dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Seiring perkembangan zaman, new media memang akan selalu membawa kemudahan dan manfaat bagi para penggunanya. Tapi tetaplah ingat di setiap dampak postif, pasti ada dampak negatif. Kita sebagai manusia harus bisa lebih pintar memanfaatkan teknologi agar terhindar dari ketergantungan akan berbagai macam kemudahan dari media teknologi tersebut. 

Sumber :  
http://egaantasya.blogspot.com/2012/10/mengenal-new-media.html 

E-Book New Media : a critical introduction, Second Edition, Martin Lister / Jon Dovey / Seth Giddings / Iain Grant / Kieran Kelly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 20 November 2012

New Media Dikehidupan Sehari-hari

New Media DiKehidupan Sehari-hari


Dunia Maya Di Kehidupan Sehari-hari

Dari jam ke Telegraf radio dan televisi, media baru selalu berkembang dalam kehidupan sehari-hari, menghasilkan ritme baru dan ruang. Migrasi teknologi komputer dari industri dan penelitian laboratorium untuk rumah selama tiga puluh tahun terakhir ini telah meningkatkan proses perkembangannya. Berkembangnya budaya populer dari media baru dimulai dengan videogame, media yang dibawa dengan sebuah hayalan teknologikal masa depan yang sehari-hari menghilang ke dalam 'keterpisahan cyberian' virtual dunia. Seperti, dari waktu ke waktu, beberapa media digital baru telah menjadi biasa saja, kita dapat melihat tidak Narnia yang atau Matrix-seperti pembagian dunia virtual dan aktual, melainkan jalinan rumit yang dimediasi, hidup,  ruang dan waktu. Misalnya, perangkat mobile seperti ponsel, GPS / satnav, MP3 player, dan game konsol genggam, menggambarkan tubuh dan komunikasi di seluruh alam sehari-hari dan teknologi dan temporalitas.

Budaya dan Studi Media menawarkan alat vital, konsep dan metode untuk studi dari kehidupan sehari-hari untuk dimediasi, dan bagian ini akan mensurvei penelitian penting di bidang ini. Ini akan mengidentifikasi alat yang berguna, konsep dan metode untuk studi budaya sehari-hari dan teknologi
teknologi media. Ini akan menjadi
survey penting namun, karena akan menjadi jelas bahwa beberapa dari prinsip yang mendasari dan asumsi studi budaya dan media ( humaniora dan ilmu sosial secara lebih umum) membatasi kemungkinan studi technoculture. Dalam tiga dasar khusus, dan saling terkait, asumsi akan diinterogasi.

Diantaranya adalah :

  • Bahwa budaya, kehidupan sehari-hari, individu dan rumah tangga secara material dan konsep yang berbeda dari teknologi yang lalu 'mengadopsi' teknologi misalnya atau menderita 'dampak' teknologi baru, dan oleh karena itu perbedaan antara subjek dan objek yang absolut.
  • Bahwa teknologi secara sosial berbentuk tetapi masyarakat yang tidak berbentuk teknologi.
  • Bahwa kegiatan manusia dalam bentuk kekuatan- kekuatan sosial, sejarah atau ekonomi, atau subjektivitas dan identitas adalah kekuatan motif tunggal atau lembaga dalam kehidupan sehari-hari dan budaya.

Bagian ini akan memperkenalkan, mensintesis dan menyebarkan beberapa cara alternatif kunci memikirkan technoculture setiap hari diambil dari bidang yang muncul dari studi media baru, dari penelitian videogame dan dari studi cybercultural.

Kehidupan Sehari-hari

Konsep kehidupan sehari-hari merupakan pusat untuk bekerja dalam Studi Budaya dan Studi Media. Ini mencakup keluarga hubungan, rutinitas, praktek-praktek budaya dan ruang di mana orang membuat memahami dunia. Di satu sisi itu, kehidupan sehari-hari adalah situs di mana populer berarti-temuan dan penggunaan media baru yang dinegosiasikan dan dimainkan. Di sisi lain, hampir semua
diskusi media baru untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil membuat klaim bahwa mereka mengubah
, atau segera akan mengubah (atau melampaui) kehidupan sehari-hari, batas spatio-temporal, pembatasan dan struktur kekuasaan. Sifat transformasi ini kontroversial, karena beberapa pengamat
Media baru menawarkan kreativitas baru dan kemungkinan, untuk orang lain mereka memperkuat dan memperpanjang ada-ing kendala sosial dan hubungan kekuasaan.
Kehidupan sehari-hari adalah sebuah konsep sentral dalam pendekatan Cultural Studies 'dengan teknologi.

Sekarang dipelajari dan berteori sebagai:

Pasar yang perusahaan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak konsumen

Tempat praktik dan hubungan di mana rasa terbuat dari media baru

Titik fokus dari suatu set yang saling konvergensi konsumen, media, pendidikan dan hiburan teknologi dan pasar

Kondisi sosial yang, untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, diubah oleh penggunaan dan konsumsi media baru

Istilah hadir atau underplayed dalam visi utopis pengetahuan baru dan pergeseran iDEN-tities di dunia maya - seperti keterasingan dan rutin untuk konektivitas dan kreativitas muncul dalam komunikasi media internet

Tempat konsumsi budaya populer dimediasi, tidak sedikit gambar dan drama
dari komik, televisi dan video yang merupakan khayalan teknologi komersial.

Cyberspace

Konsentrasi Cultural Studies 'pada kehidupan sehari-hari akan tampak pada pandangan pertama menjadi tidak membantu dalam studi tentang media baru dan cyberculture. Yang pertama menyiratkan, duniawi dan yg terjadi setiap hari yang rutin dan biasa - semua fitur dari kehidupan sehari-hari dari yang terakhir, baik dalam bentuk mereka fic-nasional dan aktual, berjanji untuk mengubah. Kedua perayaan dan kritik dari dunia maya cenderung menempatkan keterpisahan nya, keserbalainan yang mendalam untuk kehidupan sehari-hari, perwujudan, subjec-tivity. Untuk Michael Heim, 'dunia maya adalah Platonisme sebagai konsep bekerja', dan 'cybernaut yang duduk sebelum kita, diikat ke sensorik-masukan perangkat, tampaknya, dan memang, kalah dunia ini. Tersuspensi dalam ruang komputer, cybernaut meninggalkan penjara tubuh dan muncul dalam dunia sensasi digital '(Heim 1993).

Kegembiraan intens dihasilkan oleh media baru membentuk seperti World Wide Web dan Virtual Reality di akhir 1980-an dan awal 1990-an telah berkurang sebagai media tersebut telah menjadi bagian dari dunia media umum yang berpengalaman. Namun, konsep 'dunia maya' sebagai terpisah, emansipatoris (atau lebih sering, mengancam) wilayah dalam, namun berbeda dari, media sehari-hari kultur berlanjut. Wartawan rutin menegaskan keterpisahan media internet seperti chatroom dan situs jejaring sosial di artikel tentang implikasi menyenangkan bagi anak dan remaja orang. Berikut dunia maya bisa berupa, mengasingkan anti-sosial gangguan dari lebih otentik sosial dan komunikatif kegiatan, atau sebuah dunia yang berbahaya yang diintai oleh predator.

Produsen, dan penyedia layanan untuk, baru (atau baru upgrade) komunikasi digitalmedia juga memanggil transformasi rutinitas sehari-hari dan ruang domestik melalui lision col-ruang aktual dan virtual, meskipun dengan nada antusias dan perayaan. Model lain yang terus-menerus dari kehidupan sehari-hari lebih penuh dimediasi adalah bahwa com-puting di mana-mana. Futurologists dari Nicholas Negroponte ke US National Academy of Engineering Ray Kurzweil telah diprediksi media yang lebih personal, transformasi produk sehari-hari dan furnitur menjadi 'pintar' benda melalui minituarisation chip komputer dan sirkuit, dan baru-baru, kemungkinan nanoteknologi untuk kedua kehidupan sehari-hari dan tubuh manusia dan pikiran hubungan dengan itu.


New Media

Pengertian New Media

Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi (narasumber) kepada penerima informasi, jadi media bisa disebut sebagai perantaranya.  Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. New media merupakan suatu perkembangan atau revolusi dari sebuah media-media yang telah berkembang dari jaman dahulu. Sebagai contoh adalah zaman dahulu untuk mengabadikan sesuatu perlu untuk mengukir di batu atau dengan melukisnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin berkembang maka untuk mengabadikan sesuatu cukup dengan mengambil gambar atau memfoto.


New Media menurut Wikipedia adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputerisasi, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “new media” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, dapat dimampatkan (compress), interaktif dan tidak memihak. Sesuatu yang dinamakan “media” itu biasanya merupakan suatu alat atau cara sebagai perantara pengguna (manusia) untuk mendapatkan informasi dari sumber informasi. Berdasarkan definisi tersebut, media tentu membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Media tersebut juga mengubah gaya hidup kita menjadi lebih modern dan praktis. Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Makin hari, media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New Media yang akan dibahas saat ini adalah sebuah alat ataupun cara yang “new” atau hal baru yang bersifat inovatif, mempermudah pekerjaan, dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.

New Media Dikehidupan Sehari-hari

Kemajuan teknologi diabad ini sangat pesat sekali, semua orang berlomba-lomba dalam menciptakan teknologi yang baru, yang lebih inovatif dan efesien dalam memudahkan kehidupan. Kemajuan teknologi menyebabkan informasi tidak lagi menjadi barang langka untuk didapat. Nah disinilah peran new media, perkembangan dan pembaruannya menciptakan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi. Contohnya saja internet, melalui mesin pencari seperti Yahoo,Lycos,Ask Jeeves,Alta Vista dan Google, jutaan orang dari seluruh dunia dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi secara online.

Sudah banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dimanfaatkan dengan adanya media tersebut. Contohnya dalam bidang pendidikan, pemerintahan, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Media tersebut juga bersifat mobile, yang artinya bisa dibawa kemana saja dan diakses dimana dan kapan saja. New media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Karena sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital.

Kemunculan new media sangat membawa keuntungan untuk semua pengguna teknologi di dunia. Mulai dari anak sekolah dasar sampai pegawai-pegawai di perusahaan tertentu yang memanfaatkan new media. Kemunculan new media ini disebabkan karena adanya keinginan dari orang-orang  yang membutuhkan berbagai fasilitas yang dapat mempermudah pekerjaan mereka. Fasilitas tersebut dibuat sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu. Perkembangan zaman telah ikut mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir setiap manusia, maka dari itu kita sebagai manusia harus lebih pintar untuk menggunakan media-media yang ada, jangan sampai kemajuan itu malah menjerumuskan kearah yang tidak baik.


Manfaat New Media

  • Bidang Sosial
dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
  • Bidang Industri/Dagang
dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
  • Bidang Pendidikan
dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
  • Bidang Lowongan Kerja
dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.

Sebelumnya, saya akan memberikan contoh-contoh new media yang telah berkembang di zaman ini, diantaranya :

  • Internet
  • Televisi Digital/Plasma TV
  • Digital Cinema/3D Cinema
  • Super Komputer/Laptop
  • DVD/CD/Blue Ray
  • MP3 Player
  • Ponsel/PDA Phone
  • Video Game
  • RSS Feed
  • Streaming Video, dan lain-lain.

Aplikasi New Media

Berikut adalah contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
  • Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita. 
  • CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah. New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. 
  • Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual. 
  • Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik. Media social ini mempermudah komunikasi dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa ada batasan apapun. 
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb. Media ini sangat berguna bagi para pelajar untuk bisa mendapatkan sumber bahan pelajaran yang banyak dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Seiring perkembangan zaman, new media memang akan selalu membawa kemudahan dan manfaat bagi para penggunanya. Tapi tetaplah ingat di setiap dampak postif, pasti ada dampak negatif. Kita sebagai manusia harus bisa lebih pintar memanfaatkan teknologi agar terhindar dari ketergantungan akan berbagai macam kemudahan dari media teknologi tersebut. 

Sumber :  
http://egaantasya.blogspot.com/2012/10/mengenal-new-media.html 

E-Book New Media : a critical introduction, Second Edition, Martin Lister / Jon Dovey / Seth Giddings / Iain Grant / Kieran Kelly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar